Wednesday, November 21, 2012

Basic Safety Training






Apa itu Basic safety training??? Sebelumnya perlu saya jelaskan kepada teman2 semua apa itu basic safety training (BST) dan pentingnya BST bagi yang ingin menjadi pelaut.
Basic Safety Training atau yang biasa disingkat BST adalah latihan keselamatan dasar bagi para pelaut pemula yang bertujuan memberikan pembekalan dan pemahaman serta antisipasi apabila suatu saat terjadi kecelakaan atau keadaan darurat di laut sehingga para pelaut dapat menolong dirinya sendiri maupun orang lain dan dapat mengurangi resiko sekecil apapun.

Kecelakaan kapal dapat berupa :
1.Terbakarnya sebagian kapal atau seluruhnya.
2.Terjadinya tabrakan baik tabrakan sesama kapal atau dengan dermaga atau batu karang.
3.Terjadinya kebocoran lambung kapal yang dapat mengakibatkan tenggelamnya kapal.


Berbagai kecelakaan yang saya sebutkan diatas sangat membahayakan karena itu untuk mengantisipasi bagi para pelaut pemula harus memahami tentang :
-          Cara menggunakan alat penolong dan penyelamat diatas kapal.
-          Cara memberikan pertolongan kepada orang lain yang mengalami kecelakaan.
-          Persiapan dan tindakan yang harus dilakukan seorang pelaut dalam suatu kecelakaan,seperti sebelum dan sesudah terjun kelaut dari kapal dalam penyelamatan diri.
-          Tindakan selama berada di air/mengapung dilaut.
-          Tindakan dalam menaiki sekoci/perahu penolong dan selama berada di sekoci.
-          Tindakan menolong orang lain dalam membantu menaiki sekoci dan menolongnya selama diatas sekoci.

Materi Basic Safety Training ada 4 hal yang di ajarkan mengacu pada kurikulum dan regulasi International Maritim Organisation ( IMO) dengan model course sebagai berikut
-          Personal survival technique
-          Fire Prevention and fire fighting
-          Personal safety and responsibility
-          Elementary First aid
Baiklah teman-teman itulah secara singkat pengertian mengenai Basic safety training dan nanti akan saya jelaskan secara singkat satu per satu dibawah ini mengenai materi yang diajarkan basic safety training.

  1. Personal survival technique.
 Adalah tehnik bertahan hidup personal meliputi pengenalan simbol-simbol dan cara penggunaan alat-alat keselamatan dikapal seperti sekoci (life boat),pelampung(lifebuoy),pakain pelindung panas(thermal protective aids),perahu karet(life raft) dll.
  1. Fire Prevention and Fire fighting.
Adalah tindakan pencegahan kebakaran dan cara memadamkan kebakaran dikapal. Materi yang diajarkan meliputi pemahaman mengenai jenis-jenis kebakaran dan penyebabnya serta alat yang dipakai untuk memadamkan berbagai jenis kebakaran.Juga diajarkan tehnik memadamkan api dan bertahan hidup ketika terjadi kebakaran.
  1. Personal Safety and Responsibility.
Adalah pengetahuan tentang keselamatan personal dan tugas yang harus dilakukan ABK mengantisipasi keadaan darurat apabila terjadi kecelakaan biasanya dikapal sudah disusun struktur organisasi yang jelas untuk setiap ABK mendapat tugas masing-masing sesuai posisi dan jabatannya dikapal apabila terjadi keadaan darurat
  1. Elementery First Aid.
Adalah pengetahuan tentang tehnik pertolongan pertama yang diberikan kepada orang ketika terjadi kecelakaan dikapal sebelum mendapat pertolongan medis,biasanya materi yang diajarkan meliputi tehnik dasar pertolongan pertama,cara menangani korban,pengenalan jenis kecelakaan,system kerja organ tubuh manusia.


Demikian teman-teman penjelasan singkat yang saya rangkum mudah-mudahan bisa memberikan gambaran ketika teman-teman sekalian ingin menjadi pelaut.secara lebih detailnya biasanya nanti sudah ada kerjasama dari agency dengan perusahaan penyedia training BST  seperti training BST yang penulis pernah ikuti di PT.FOCUS MARITIME TRAINING CENTER  beralamat di Duta Mas Fatmawati blok B2 No.34-34 Jl.RS Fatmawati no.39 Jakarta selatan 12150 phone (021)7210065.


0 comments:

Post a Comment